Posted by: Wahyu Ajiprabowo | March 10, 2009

Sate Klatak di Depok, Wow!

Udah lama sebenernya saya menggemari sate klatak. Sate kambing unik yang berasal dari daerah Imogiri Yogyakarta. Makanan ini adalah makanan wajib yang harus saya cicipi kalau pergi ke Jogja. Ya setau saya emang nggak ada lagi warung sate klatak selain disana, sampai saya menemukan warung yang serupa di daerah Beji, Depok. Nama jalannya Haji Asmawi kalau nggak salah.

sajian

Hal yang unik dari sate ini ialah bentuk penyajian dan rasanya yang khas. Satu porsi sate klatak terdiri dari dua tusuk sate kambing dan dilengkapi dengan kuah gulai. Hmm, awalnya saya mikir, kenyang nggak ya makan sate dua tusuk doang? Tapi ternyata dua tusuk itu terdiri dari daging kambing yang besar – besar. Ya cukup besar lah kalau dibandingin sama sate – sate biasa. Trus ada lagi yg lebih unik, yaitu tusuk satenya. Bukan tusuk sate dari kayu atau bambu yg biasa kita temuin, tapi tusuknya terbuat dari baja, entahlah dapet dari mana tu ide make tusuk bgituan.

Soal rasa…wuih, maknyuss!!! Makan sate klatak emang paling enak dimakan langsung tanpa bumbu apapun kayak kecap atau sambel. Walaupun dikasi kuah gulai, tetep aja saya makan tu sate langsung. Kuahnya malah saya kasi ke nasinya. Ni sate emang gurih banget, walaupun sate kambing tapi dagingnya nggak bau kambing sama skali, mantab! Ya biasa lah kalau kita makan daging kambing yang masaknya nggak bener pasti ada bau prengus yang kecium. Menu – menu lainnya juga nggak kalah oke. Pernah nyicipin tongseng (atau gulai ya?) yang dipesen sama nyokap, enak juga kok! Dan terakhir saya kesana ada menu baru,  “sate ayam klatak”. Hmm, makin aneh aja ya…hohoho….

Yeah!

Yeah!

Wah, kalau udah tau bgini, nggak usah jauh – jauh lagi ke Jogja buat makan ni sate favorit. Tinggal ngesot aja ke Depok, paling sejam kurang dari Benhil.
Pernah juga nih makan sate klatak bareng Gina, itu lho Gina yang suka di Trans TV, yang biasa jadi Jeng Kelin. Padahal doi jarang banget makan kambing, pas disuruh nyicip taunya malah suka….promosi berhasil! Hahahaha…..

Gina 'n Mbak endah

Gina 'n Mbak endah


Responses

  1. ahahaha….. kayaknya enak niiii

  2. asiiik…di depok…deket rumah saya tuh ji…uhuuy!!

    btw..kenal gina si artis darimana ji??

    • Ayo dicoba Dwi….enak lho! Hwehehehe….
      Hmm, keluarga gw emang kbetulan deket sama keluarga Gina. Waktu kecil suka main bareng, tp skarang udah jarang, maklum doi subuk….

  3. Aji, sate klatak kegemaranmu diliput rcti & indosiar, udah tahu belum? memang …….. mak nyuus ya!

  4. weleh2…… tambah ramai aja sate klataknya, promosi dimana2, sukses ya! nanti kami sekeluarga akan mencobanya,

  5. om… boleh minta lokasi persisnya gak?
    soalnya rumah di beji juga tapi gak ngeh ada yang njual sate klatak… thanks

    • Jl. H. Asnawi 110, Beji, Depok Utara
      Selamat mencoba!
      Maaf lama bngt balesnya…..

  6. woooooooooooo…gw baru liat ni blog lo. kpn jadinya gw di traktir? gw mau nya 100 tusuk ji! hahahaaa…….

  7. Kmrn aku udah ksana beberapa kali, rasa daging ny ternyata emg empuk trs kuah glai bikin gk seret. Bau daging kambingny jg udh gk kecium lg. Jd pengen ksana lg. haha

    Wah, gk nyangka tp y klo ternyata sateny udh terkenal.

  8. Sambil nunggu buka puasa, baca-baca menu pilihan. Waduuuh, ketemu yang jadi kesukaanku. Sate. Memang aku gemar sate kambing. Makannya campur gule. Wuih-wuih, enak banget. Lha, ini ada sate yang kayaknya beda, yaitu sater klatak. Aku jadi penasaran. Mau nyobak, dheh!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: