Posted by: Wahyu Ajiprabowo | March 11, 2009

EL2246 – Tugas 4

Impedansi

Impedansi merupakan nilai resistansi yang tidak murni, berbeda dengan komponen resistor yang memiliki nilai resistansi murni. Mengukur nilai impedansi tidak dapat dilakukan dengan alat – alat pengukur resistansi seperti multimeter, diperlukan alat khusus untuk mengetahui nilai impedansi secara akurat.

Impedansi Speaker

Speaker memiliki impedansi yanag artinya speaker memiliki hambatan yang dapat mengurangi performa dari output yang dihasilkan. Namun hambatan ini tidaklah terlalu berarti karena efek dari impedansi sangatlah kecil.

Impedansi pada home speaker biasanya bernilai skitar 8 ohm. Sedangkan impedansi pada speaker mobil bernilai sekitar 4 ohm.

Impedansi Headphone & Earphone

Headphone dan earphone memiliki impedansi sekitar 16-600 ohm. Semakin besar impedansi suatu headphone, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan. Untuk itu terdapat istilah matching untuk penggunaan headphone atau earhone. Headphone yang memiliki impedansi besar, contoh saja sampai 200 ohm, tidak akan bisa mendengarkan lagu dari mp3 player yang memiliki daya rendah.

Teorema Transfer Daya Maksimum

Transfer daya maksimum terjadi bila resistansi sumber sama dengan resistansi beban. Baik dipasang seri dengan sumber tegangan maupun dipasang paralel dengan sumber arus.

Dalam kasus penggunaan headphone, transfer daya maksimum terjadi jika resistansi headphone sama dengan resistansi pada sumber suara. Jika dua headphone yang memiliki impedansi sama dirangkai secara paralel pada satu sumber, maka resistansinya akan menjadi setengahnya. Hal ini menyebabkan daya yang dibutuhkan oleh headphone menjadi lebih kecil pula.

Sedangkan pada kasus dua headphone uang dirangkai secara seri pada satu sumber, beban akan berlipat menjadi dua kali. Beban yang berlipat ini akan menyebabkan daya yang dibutuhkan juga menjadi dua kali lipat.

Sumber :

http://www.mail-archive.com/elpop-audio@yahoogroups.com/msg00170.html
http://otostereo.info/home.php?link=article&a_id=297
http://mugi-te.web.ugm.ac.id/theorema%20rangkaian.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: