Posted by: Wahyu Ajiprabowo | August 12, 2011

Perbaikan Tol Jakarta-Merak Sepanjang Masa

Pernah melalui jalan tol Jakarta-Merak? Kalau pernah pasti pernah ngomel-ngomel. Entah gara-gara permukaan jalan yang tidak rata, maupun macetnya yang agak keterlaluan. Sejak kerja di Cilegon, sekarang saya menjadi pelanggan jalan tol tersebut. Daripada ngedumel terus setiap lewat jalan tol tersebut, mendingan analisis ringan penyebab tol tersebut rusak terus…

1. Kendaraan berat lalu-lalang

Jalur Jakarta-Merak jelas sangat vital untuk jalur perdagangan Sumatra-Jawa, jadi tidak heran kalau banyak truk-truk besar dengan bawaannya yang super berat melintas 24 jam disana. Bisa saja ini menjadi penyebab kenapa jalannya jadi rusak terus.
Tapi ini abad 21 bung! Masa selama ini tidak ada teknologi jalan tol yang bisa menahan berat berat truk-truk tersebut? Kalaupun ada dan mahal, tetap lebih baik investasi besar di awal dengan kualitas yang baik daripada invesatasi kecil tapi biaya perawatan menjadi besar kan? Belum lagi terganggunya pengguna jalan akibat perbaikan.

2. Proyek sepanjang masa

Bisa jadi memang sengaja dibuat dengan kualitas yang kurang baik sehingga ada proyek perbaikan jalan yang terus menerus….si kontraktor pemasukannya jadi terjamin kan? Hmm, saya berharap yang ini tidak betul…

3. Cicin berlian yang hilang?

Well, kalo yang ini joke doang…. Ada yang bilang waktu peresmian jalan tol ini, cicinnya kanjeng Ratu sang Gubernur Banten terjatuh. So, orang-orang berlomba-lomba menggali jalan tol tersebut untuk mendapatkan harta karun…hahahah! ada-ada saja….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: