Posted by: Wahyu Ajiprabowo | October 3, 2010

Keypad Blackberry Error!

Udah lima hari ini Blackberry 8520 gw bertingkah aneh. Mencet huruf “g” nggak bisa dan tu hp bakal ngelock sendiri kalo didiemin sekitar 20 detik. Kalau ngelock biasa sih nggak apa2, ini masalahnya ngelock dan buat ngaktifin lagi BBnya harus mencet mute, tanda BB, atau hook off selama 2 detik. Dua masalah yg nggak terlalu penting banget sih, tapi tetep aja mengganggu bngt. Apalagi kalo nulis mau nggak mau harus ganti huruf “g” dengan angka “9”. Contohnya begini:

“Ten, l9 dmana lo? 9w pinjem 9untin9 boleh n99ak?”

Well, selain bikin sebel yg ngebaca, siap2 aja dibilang 4LaY sama yg baca, ckck…

Kejadian ini dmulai sewaktu BIS BB gw mau abis. Gw make SIM card mentari dan biasanya gw kalo mau langganan BIS, gw biarin dulu sampe tu langganan bulan sebelomnya abis (gw biasa langganan paket bulanan) baru gw daftar lagi buat sebulan berikutnya. Tp terakhir gw pengen sekali-sekali tu paket perpanjangan otomatis, jadilah gw isi ulang pulsa sebelom paket gw abis, dan disinilah problem bermula. Pada hari-H paket gw abis yaitu jam 12 malam tu BB nggak ada tanda-tanda perpanjangan otomatis. Sampe siangpun gw tungguin pulsa gw gak berkurang sama sekali dan anehnya BBM dan twitter gw masi jalan (gw biasa langganan paket gaul) walopun BBMnya jadi lemot parah. Gw coba lah jurus sakti dengan melakukan “hard restart” dan hasilnya? Yak, pulsa masih belum juga berkurang dan masalah keypad dan lock otomatis muncul! Saking stresnya gw kemaren tu BB gw install ulang OSnya, dan tetep gak ngefek.

Gw gak tau kalo ada hubungannya dengan perpanjangan BIS atau nggak, yang jelas itu permasalahan munculnya pada saat itu. Sampe skarang gw nggak tau gimana cara ngebenerinnya, udah sampe googling kmana-kmana tetep aja gak dapet. Gw cuma bisa berharap sama kartu garansi aja deh, ngumpung belom setahun mudah-mudahan bisa menyelesaikan masalah.


Responses

  1. I’m having exactly the same problem!

    Mengganggu banget! kalo pencet spasi, spasinya jalan terussss kudu nunggu di pencet baru bisa brenti, mau ketik huruf apa kadang bisa keluar titik

    OMG! Produk murahan memang!

    • Hmm, akhirnya gw tau masalahnya. BB gw basah keypadnya. Ini ketauan setelah BB gw balikin ke toko karena masi garansi. Maslah keypad basah ternyata udah jadi masalah paling sering di BB Gemini. Cara ngebenerinnya ya buka casing dan berrsihin tu daleman-dalemannya BB, cukup di lap aja sampe bersih dari bercak bekas basah.

      Dibilang murahan ya nggak juga sih, 3jt masi termasuk barang wah buat gw, trus dengan fasilitas yang ada dan brand BB, worth lah….

      Semoga membantu!

      • akhirnya saya menemukan jawabannya…:( udah 2 hari ini error,

        maybe kemasukan percikan air, karena cassing karetnya getas (bagian tbl volume dll pada bolong)

        thank you so much 😉

  2. BB sya selalu muncul huruf a, otomatis muncul walaupun huruf a tidak di tekan,
    pada saat di tekan muncul huruf a berkali2.
    BB ku kenapa yah?
    apa tombolnya rusak atau terkena virus?
    trus bagaimana memperbaikinya?

  3. Mas,BB,saya,ne,ga,bs,spasinya,mendadak,aja,pagi,tadi,apa,basah,juga,ya?makanya,ngetik,pake,koma2,neh,(-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩),help,dunk,om.thanx

  4. sama ini,, gw pnecet H jadinya HI
    trus mkin parah,, huruf lainnya ,, jadi ga bisa dipencet,, pencet S jadinya SH,
    buset nii

  5. yg mslh locknya gmn? bb gue javelin jg bermasalah kaya gt, spacenya jalan terus dan dlm hitungan agak lama dia ngelock sendiri trs hrs di unlock dgn pencet tombol turn off. tindak lanjut dr garansi brp lama ya? thank you

    • Saya kurang tau nih yg soal space jalan terus, bisa jadi karena basah kayak saya atau emang keypadnya yg perlu diganti (pengalaman temen).
      Kemaren sy ngurus pake garansi di Plaza Semanggi (tempat beli bb), trus dari tokonya dikirim ke dealer resminya di Roxy. Butuh waktu 4 hari kalo gak salah waktu itu.

  6. di buka aj casing nya,,,,,terus keypad n karbon nya d sikat pake sikat gigi yg agak lemes psti beres,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  7. Keypad BB sy awalnya cuma huruf ‘a’ klo dipencet ga bisa muncul. Setelah 3 minggu muncul sendiri. Kira” 1 bulan eh ilang lagi ampe sekarang (ga bisa dipencet)…akhirnya trpaksa huruf ‘a’ sy ganti dg angka 4. Bukan hanya itu, seminggu yg lalu tombol buat mengaktifkan kembali setelah di off malah ga berfungsi. Klo mo dinyalain lg (diaktifkan) sy hrs buka batre nya dulu….cape deh….

  8. bb onix g kepadnya ga bisa digunain tolong donk bantuan nya ke email g…you_bel2002@yahoo.com

  9. waaaaaaah kasus ane sama kaya dewina!! sampe dikira alay ganti ‘a’ sama angka 4 -_____-” trus klo mati musti restart mulu ckck. ada yg punya solusii??

    • Solusi untuk kasus saya udah ketemu, gara-gara keypadnya basah jadi bgitu.
      Coba Dewina baca komen2 diatas deh, khususnya komen pertama dan balasannya dari saya.
      Smoga cepat sembuh bbnya! 🙂

  10. klo gw semua keypad ga bisa dipencet. beteee bgt deh. benerinnya kena brp si? garansinya ud abiis 😥

  11. semua tombol pd BB q ko g da yg bs jalan knp y?

  12. BB 8520 tombol Alt nya sllu aktiv,mana we pake psswrd setiap habis BB d non aktivin alhasil BB we gag bisa d pak! tlong dong gmn nie spy tombol Alt we bisa normal lg?

  13. Om, pengen nanya. nih knp yh BB saya keypanya aneh. A nya kalo di sentuh doank langsung kaya mencet, padahal gk di pencet sama saya.
    udah gitu huruf D nya juga sama, tp Alhamdulillah skrng udah normal, Terus Huruf S gk bisa, padahal sebelumnya normal” aja.. langsung saya bonkar aja BB saya. langsung saya bersihin keypad nya. langsung pas saya pasang”in lagi, keypad nya malah gk bisa semuanya..

    Kenapa yh Om ?? Please Bales !

  14. semua tombol pd BB 8707v q ko g da yg bs jalan knp y?


Leave a comment

Categories